Selasa, 14 Oktober 2014

Kondisi Udara Ancam Kesehatan


Aktivitas Sepi Cuaca Kabut.F:rahmat
Aktivitas Sepi Cuaca Kabut.F:rahmat

ISPU Capai 268 PSI, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas Luar Rumah

DUMAIPOS.co - Beradasarkan data yang dihimpun oleh Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota  Dumai yang menyebutkan bahwa hingga Jumat (10/10) kemarin kondisi udara di Kota Dumai kurang sehat. Ini yang diakibatkan kabut asap yang pekat belakangan ini menyelimuti langit Kota Dumai.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Dumai, Bambang Surianto mengatakan kualitas udara Kota Dumai masih dalam kondisi berbahaya sesuai dengan pengecekan dan penelitian yang oleh KLH bekerjasama dengan PT Chevron Pasifik Indonesia.

“Sesuai data yang kita himpun terakhir pada Jumat (10/10) kemarin tercatat cuaca Kota Dumai mencapai 268 PSI dengan PM 2,5 yang artinya kualitas udara sangat kurang sehat,” ujarnya kepada Dumai Pos Senin (13/10).

Menurutnya, dengan kondisi tersebut dapat membahayakan masyarakat yang kerap berkativitas di luar ruangan maupun diluar rumah, pasalnya dapat menyebabkan terserangnya penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).

Untuk itu lanjutnya, masyarakat tetap waspada pada saat beraktivitas diluar ruangan, karena dengan kondisi tersebut dapat retan terserang penyakit ISPA yang berdampak pada kesehatan masyarakat itu sendiri.

“Kita mengimbau masyarakat untuk tetap waspada beraktivitas diluar ruangan maupun luar rumah dengan menggunakan masker, untuk menghindari terjangkitnya penyakit ISPA yang dapat menyebabkan kematian,” ulasnya.

Bambang juga mengatakan pada Kamis (9/10) kemarin hasil pengecekan dan penelitian dengan pihak chevron bahwa terjadi pengurang dengan kondisi cuaca di Kota Dumai mencapai 184 PSI dengan PM 2,5 dan pada (10/10) kembali terjadi peningkatan yang diakibatkan udara di Kota Dumai bercampur dengan kabut asap.

Namun demikian, diharapkan masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatanya masing-masing dengan kualitas udara di Kota Dumai selama sepekan terakhir kurang sehat.

“Apabila melakukan aktivitas di luar ruangan harus menggunakan masker, untuk menghindari hal-hal yang diinginkan,” tutupnya.(rian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar